UJIAN TENGAH SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2016/2017
Mata
Kuliah : Teknologi Pendidikan
Jurusan : Tarbiyah
Prodi : PAI/C
Pengampu
: Muchamad Fauyan, M. Pd.
|
Hari, Tanggal: -
Waktu : -
Ruang : -
Sifat : Tugas Lapangan
|
Rencana pelaksanaan pembelajaran
adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan
secara rinci dari
suatu materi pokok
atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup: (1) data
sekolah, matapelajaran, dan kelas/semester;
(2) materi pokok; (3)
alokasi waktu; (4)
tujuan pembelajaran, KD
dan indikator pencapaian kompetensi;
(5) materi pembelajaran;
metode pembelajaran; (6) media,
alat dan sumber
belajar; (6) langkah-langkah kegiatan pembelajaran; dan
(7) penilaian.
1.
Susunlah RPP untuk
pembelajaran PAI dalam bentuk format
berikut ini.
Sekolah :
Ma’arif NU
Mata Pelajaran
: Fiqih
Tema : Sucikanlah lahir dan batinmu,
gapailah cinta Tuhanmu.
Subtema : Bersuci merupakan syarat pokok sahnya
ibadah
Kelas/Semester
: VII/Gasal
Materi Pokok
: Thaharah
Alokasi Waktu
: 2x40 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural)
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
1
|
Meyakini pentingnya bersuci sebagai syarat melaksanakan
ibadah
|
.
Menunjukkan
keyakinan pentingnya bersuci dalam realitas kehidupan sehari-hari
|
2
|
Membiasakan diri bersuci dari hadats dan najis
|
.
Menunjukkan
sikap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan
|
3
|
Memahami hadats dan najis dan tata cara menyucikan
|
.
Menjelaskan
pengertian bersuci (thaharah) dan klasifikasinya
.
Menyebutkan
macam-macam air dan hukumnya untuk bersuci
|
4
|
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadats dan najis
|
.
Mendemonstrasikan
tata cara bersuci dari hadats
.
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari
najis
|
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Peserta
didik dapat menunjukkan pentingnya bersuci dalam realitas kehidupan sehari-hari
2.
Peserta
didik dapat menunjukkan sikap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan
3.
Peserta
didik dapat menjelaskan pengertian bersuci (thaharah) dan klasifikasinya
4.
Peserta
didik dapat menjelaskan macam-macam air dan hukumnya untuk bersuci
5.
Peserta
didik dapat mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadats
6.
Peserta
didik dapat mendemonstrasikan tata cara bersuci dari najis
D.
Materi Pembelajaran (rincian dari
Materi Pokok)
Thaharah (terlampir)
E.
Metode Pembelajaran
1.
Metode : Ceramah,
Diskusi, Tanta Jawab
2.
Pendekatan : saintifik
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media : Ppt,Video/Gambar,
Spidol, White Board
2.
Alat/Bahan : Gelas, Air teh, Air sungai, Air
kotor, Air susu, Air
mineral
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
a.
Membuka
pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa sebelum belajar
b.
Mengecek
kehadiran dan kesiapan siswa serta kebersihan kelas
c.
Menanyakan
kabar siswa
d.
Melakukan
penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi
yang akan diajarkan
e.
Guru
menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Peserta didik melihat dan mengamati gelas yang
sudah berisi macam-macam air
Siswa mengamati penjelasan guru tentang
thaharah
Menanya
Melalui motivasi dari guru, siswa mengajukan
tanggapan dan pertanyaan tentang apa yang dilihat dan diamati
Eksperimen
Peserta didik mencari informasi tentang
macam-macam air dari buku referensi terkait
Peserta didik mendiskusikan dan
mengidentifikasi beberapa macam air yang telah disiapkan oleh guru dengan
kelompoknya
Asosiasi
Peserta didik secara kelompok merumuskan
hasil diskusi kelompoknya tentang macam-macam air dan contohnya dalam
realitas
Peserta didik secara kelompok menuliskan
macam-macam air dan hukumnya untuk bersuci
Komunikasi
Peserta didik mewakili kelompoknya
memprestasikan hasil diskusi kelompoknya, kemudian peserta didik dari
kelompok lain menanggapinya
Perwakilan peserta didik menyimpulkan tentang
macam-macam air dan hukumnya untuk bersuci
|
60 menit
|
Penutup
|
|
10 menit
|
H.
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian :
Penilaian diri, Tes tertulis, Observasi
2.
Bentuk instrumen dan instrumen :
Lembar penilaian diri, Pertanyaan uraian
3.
Pedoman penskoran :
1.
Sikap
Spiritual
a.
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
b.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
c.
Kisi-kisi :
No
|
Sikap/ Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukkan keyakinan tentang pentingnya bersuci dalam realitas kehidupan
sehari-hari
|
1
|
Rubrik Penilaian :
ASPEK
YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
|
Menunjukkan
keyakinan tentang pentingnya bersuci dalam realitas kehidupan sehari-hari
|
Meyakini pentingnya bersuci karena hanya mengikuti
temannya sebelum melakukan ibadah
|
Meyakini pentingnya bersuci karena merupakan syarat
sah untuk melakukan ibadah/ shalat
|
Meyakini pentingnya bersuci karena merupakan suatu
hal yang harus diperhatikan setiap melakukan ibadah
|
Meyakini pentingnya bersuci karena sadar bahwasanya
diri kita ini kotor, dan setiap menghadap Allah SWT harus bersih dan suci
dahulu
|
2.
Sikap Spiritual
d.
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
e.
Bentuk
Instrumen : Lembar penilaian
diri
Kisi-kisi :
No.
|
Sikap/ Nilai
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menunjukkan sikap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan
|
1
|
Rubrik
Penilaian :
ASPEK YANG DINILAI
|
PENILAIAN
|
|||
K
|
C
|
B
|
SB
|
|
Menunjukkan
sikap berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan
|
Tidak
mencuci tangan dan kaki setiap habis bermain
|
Mencuci
tangan dan kaki setiap habis bermain
|
Sering
mencuci tangan dan kaki setiap akan dan habis bermain
|
Selalu
memperhatikan kebersihan diri maupun pakaian di setiap melakukan aktifitas
|
3.
Pengetahuan
a.
Teknik
Penilaian : Tes Tertulis
b.
Bentuk
Instrumen : Pertanyaan Uraian
c.
Kisi-kisi :
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Peserta didik dapat menjelaskan pengertian bersuci (thaharah) dan
klasifikasinya
|
Jelaskan pengertian bersuci (thaharah)
dan pembagiannya!
|
2
|
Peserta didik dapat menjelaskan macam-macam air dan hukumnya untuk
bersuci
|
Sebutkan macam-macam air dan
hukumnya untuk bersuci!
|
Rubrik Penilaian:
NO
|
JAWABAN
|
SKOR
|
1
|
Thaharah adalah membersihkan diri, pakaian, tempat, dan benda-benda lain
dari najis dan hadats menurut cara-cara yang ditentukan oleh syariat Islam.
|
50
|
2
|
Air dapat dibedakan menjadi lima
macam, yaitu:
a. Air Mutlak, yaitu air yang suci dan mensucikan, dan air seperti inilah
yang sah apabila digunakan untuk bersuci.
b. Air Mutanajis, yaitu air yang telah terkena najis, air ini tentu tidak
halal untuk diminum, dan tidak sah apabila digunakan untuk bersuci.
c. Air Thahir Ghairu Muthahir, yaitu air yang suci tetapi tidak sah apabila
digunakan untuk bersuci.
d. Air Musta’mal, yaitu air yang jumlahnya sedikit yang sudah dipakai untuk
bersuci walaupun tidak berubah sifatnya. Air ini tidak sah digunakan untuk
bersuci.
e. Air Musyammas, yaitu air yang hukumnya makruh apabila digunakan untuk
bersuci, artinya air ini sebaiknya tidak digunakan untuk bersuci walaupun
masih sah apabila digunakan untuk bersuci.
|
50
|
Total Skor Maksimal
|
100
|
4. Ketrampilan
a. Teknik
penilaian : Observasi
b. Bentuk
Instrumen : Check list
c. Kisi-kisi :
No.
|
Ketrampilan
|
Butir
instrumen
|
1
|
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadats
|
1
|
2
|
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari najis
|
1
|
Pekalongan,_____________
Pengembang
RPP,
_____________________
2.
Cobalah Anda jelaskan media pembelajaran apa saja yang dapat membantu pencapaian kompetensi yang tertuang dalam RPP
Anda secara lebih efektif dan efisien, uraikan pula upaya yang Anda lakukan
dalam penyediaan media pembelajaran yang akan digunakan?
No
|
Indikator Pembelajaran
|
Media yang digunakan
|
Langkah-langkah
pengembangan/pemanfaatan
|
Alasan
|
1
|
Menjelaskan pengertian bersuci (thaharah) dan klasifikasinya
|
Ppt, buku pelajaran terkait
|
Guru menyampaikan dan menerangkan pengertian
thaharah menurut ulama dan tokoh agama melalui sumber pembelejaran atau
ringkasan yang telah disusun guru dalam ppt
|
Supaya siswa mampu mendeskripsikan tentang
pengertin thaharah
|
2
|
Menyebutkan macam-macam air dan hukumnya untuk bersuci
|
Gelas, bebagai macam contoh air
|
Guru menunjukkan macam-macam air yang telah
disediakan di dalam gelas dan menerangkan hukumnya untuk bersuci
|
Supaya siswa mampu macam air yang dapat
digunakan untuk bersuci serta mengetahui hukumnya
|
3
|
Mendemonstrasikan tata cara bersuci dari hadats dan najis
|
Audio visual
|
Guru menunjukkan kepada siswa tentang
tatacara thaharah yang benar sesuai dengan gambar dan video yang ditampilkan
|
Supaya siswa mampu memahami tata cara
thaharah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar